Apa itu GPT? Apa perbedaan dengan MBR

Apa itu GPT? Apa perbedaan dengan MBR
Apa itu GPT? Apa perbedaan dengan MBR? - Apa GPT? Apa perbedaan dengan MBR? - Mengatur profil hal yang penting yang harus dilakukan untuk hard drive Anda, apakah itu dengan membeli baru komputer baru atau meng-upgrade hard drive. Saat ini, ada dua jenis tabel partisi MBR, yaitu, dan GUID. Sebelum saya sempat membahas MBR, yang dapat Anda temukan pada link di bawah.

Apa itu GPT? Apa perbedaan dengan MBR?

Baca: Apa Master Boot Record (MBR)?
Apa GPT? Apa perbedaan dengan MBR?
Untuk GPT, akan saya bahas pada artikel ini. Tentu saja, banyak yang bertanya-tanya apa itu GPT? Perbedaan dengan MBR itu? Nah, saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, dalam artikel ini saya akan berbicara tentang GPT. Dan saya akan menambahkan beberapa MBR, yang mungkin tidak dibahas.

Dengan GPT (GUID Partition Table)?

GPT sebenarnya merupakan bagian dari EFI, yang mendefinisikan partisi tata letak meja GPT standar pada hard disk Anda menggunakan pengenal unik global. Karena banyaknya pembatasan yang dimiliki oleh MBR, banyak perangkat komputer modern mulai beralih ke GPT.

Batasan MBR dan GPT disk drive

Disk yang GPT ini dirancang untuk menggantikan peran MBR, bahwa masih ada beberapa kekurangan. MBR, hard drive memiliki batasan yang membatasi dapat dianggap sebagai sangat kecil sekarang, itu hanya satu 2,2TB. Kita semua tahu bahwa ini adalah kebutuhan penyimpanan saata sangat besar, dan akan terus tumbuh, tetapi memiliki banyak produsen hard drive menawarkan ruang untuk lebih dari 2 TB. Tapi itu tidak ada gunanya jika kita membeli hard drive dengan lebih dari 2 TB ruang, tetapi masih menggunakan MBR. Selain kemampuan partisi MBR memungkinkan hanya empat tipe dasar.

Apa itu GPT? Apa perbedaan dengan MBR?

Dukungan disk yang GPT untuk menyimpan hingga 9,4 ZB dengan dukungan bagian utama, yang dapat mencapai 128 bagian.
MBR, informasi partisi dan lokasi file sistem operasi berada pada sektor pertama dari disk. Entah firmware atau sistem operasi, mereka sangat bergantung pada sektor pertama dari disk, untuk dapat beroperasi secara normal. Namun demikian, model seperti itu, jika sektor pertama pada disk rusak MBR, kemungkinan kehilangan akses ke data dapat terjadi.

Ini bermaksud untuk mengatasi sama, GPT mengembangkan sistem manajemen. GPT, informasi tentang persaingan disk tidak hanya sekali lagi. Dengan demikian, disk masih bisa bekerja dengan baik, meskipun sektor pertama dari disk rusak.
Apa GPT? Apa perbedaan dengan MBR?
Apa perbedaan MBR dan GPT disk drive?
Dari uraian di atas, pada kenyataannya, kita telah mampu memahami beberapa perbedaan yang ada di MBR dan GPT. Nah, untuk membuat jelas lagi, saya akan membuat daftar dan beberapa tambahan sebagai berikut:
MBR-hanya mendukung empat partisi primer, GPT banyak lagi yang bisa sampai 128 partisi utama.
Kapasitas MBR sangat terbatas, yaitu 2 TB saja. Sementara GPT bisa sampai 9,4 ZB.
Di MBR, jika kita ingin menggunakan lebih dari 4 partisi, kita harus mengorbankan satu partisi utama untuk diperpanjang, dan kemudian dapat membuat banyak partisi logical. Untuk di GPT, kita tidak harus melakukan hal seperti itu.
MBR hanya sektor pertama saja, yang menyimpan informasi tentang partisi dan sistem operasi.Tetapi di GPT, informasi didukung lebih dari sekali, sehingga meminimalkan efek dari sektor pertama rusak.
MBR dapat digunakan oleh semua sistem operasi. Hanya sistem operasi Windows XP 64bit dan Windows, dapat menjalankan hanya GPT kompatibel.
Untuk mendukung 32-bit download di GPT, milik eksklusif untuk Windows 8. Sementara sistem operasi lain seperti Windows 7, Vista, tidak memiliki dukungan 32-bit booting dari GPT. Apa itu GPT? Apa perbedaan dengan MBR?


@



Comments
1 Comments

1 comments - Skip ke Kotak Komentar

Post a Comment - Kembali ke Konten

Apa itu GPT? Apa perbedaan dengan MBR | Teknologi Hari Ini